Rabu, 13 Juli 2011

nokia 6730 vibrate sendiri


Saya punya ponsel nokia 6730, tiba tiba ponsel bergetar sendiri sehingga batere cepat habis . Apa yang harus saya kerjakan?
Pada dasarnya kenapa ponsel bisa bergetar sendiri bisa dilihat dari skematik di bawah ini.
Jalur  vibra ada dimulai dari  lingkaran merah. Penggerak  vibra adalah sebuah IC yang dijuluki IC GAZOO, jika dilihat di skema IC ini bernomor N2200.
Posisi IC
Tapi sekali lagi, kerusakan pada getar ini tidak 100 persen terletak pada IC ini, boleh jadi komponen kecillah yang menyebabkan efek getar terus menerus. Mari lihat lanjutan dari skema di atas.
Jalur vibra dari IC N2200 akan menuju ke vibrator M2100. Namun di pertengahan ada banyak juga komponen yang berkemungkinan rusak. Jadi kita tidak bisa memvonis IC lah yang rusak, perlu penyelidikan lebih lanjut untuk memastikannya
Saya punya ponsel Nokia tipe X6. Handphone ini  tidak bisa melakukan pengisian batere. Proses pengisian berjalan, tapi batere tidak bisa terisi penuh.  Saya sudah mengganti IC chargernya. Tapi tetap saja tidak bisa . apa yang harus saya kerjakan lagi ?
Masalah charger adalah masalah yang kerap ditemui  oleh para teknisi. Umumnya kerusakan terjadi di IC charger, tapi tidak semua masalah ada di IC ini. Seperti pada kasus di atas, si teknisi sudah mengganti ICnya berkali kali, namun tetap sama. Mari lihat cuplikan skema  di bawah ini.
Charger masuk dari konektor charger menuju IC Betty kaki D8, C7, dan D7. Jika dilihat dari gejala yang ada, sudah bisa dipastikan jalur ini normal. Yang harus diperhatikan adalah jalur outputnya yakni jalur E8, E7, dan D6. Jalur output ini sering kali  terputus ke konektor batere.
Ditulis oleh
-Tayung, ST
-Ridwan, ST
-Staff Pengajar V-Tiga Kursus Hp

0 komentar:

Posting Komentar