Rabu, 13 Juli 2011

perbaikan dering pada blackbarry bold



Tips Blackberry” By Vtiga Kursus
Bagi seorang teknisi, skema merupakan satu dokumen yang sangatlah penting.  Jika kita ibaratkan, skema layaknya sebuah peta yang bisa membantu kita dalam perjalanan.  Tidaklah mungkin sebuah ponsel dibuat tanpa adanya skema, tapi acap kali ada pihak pihak tertentu yang tidak ingin menyebarluaskan keberadaan dari skema tersebut.
Hal ini menjadi masalah tersendiri bagi para teknisi. Terkadang mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa ponsel yang hendak diperbaiki tidak dilengkapi dengan skematik. Seperti kasus yang dibahas di bawah ini.
Seorang murid membawa ponsel blackberry yang rusak. Kerusakannya cukup sepele. Ponsel berfungsi normal, tapi hanya bagian deringnya saja yang bermasalah.
“Sebenarnya masalah Blackberry tidaklah terlalu rumit, tapi yang menghambat pekerjaan kita saat ini adalah tidak adanya skema,” Jelasku
Walau tidak ada skema, seorang teknisi dituntut memiliki ketrampilan dan intuisi dalam menangani kasus seperti  ini. Maka setelah beberapa saat dilacak, ditemukanlah letak permasalahannya. Inilah IC yang bermasalah.
Posisi IC

“Tapi apakah kedua IC ini ada yang jual?” Tanya sang murid kembali.
Memang keberadaan sparepart khususnya ponsel blackberry ini di pasaran boleh dibilang cukup langka. Kalaupun ada yang menjual sparepartnya, itupun masih terbatas jenisnya. IC buzzer ini bisa dipastikan tidak ada di pasaran.
Mari kita lihat dulu blok diagram rangkaian dering pada gambar di bawah
Ada dua buah IC ampli yang digunakan yakni IC Ampli 1 dan 2, dikarenakan ponsel ini stereo. Speaker kiri dihubungkan oleh dua jalur yakni jalur spA dan jalur spB, dan speaker kanan terdapat pula dua jalur juga yaitu spC dan sp D.
Kedua IC terdapat di board ponsel bagian depan, sedangkan buzzernya terletak di casing belakang. Jadi untuk menghubungkan keempat jalur ini, ada sebuah konektor buzzer yangfotonya bisa dilihat di bawah ini
Foto berikut adalah foto jalur speaker yang ada di casing belakang.
Selanjutnya setelah IC diangkat dan diukur, didapatlah data jalur IC buzzernya. Sebelah kiri adalah IC Ampli 2 , dan sebelah kanan adalah IC Ampli 1. Selain terdapat jalur yang menuju ke speaker kiri maupun speaker kanan, juga ada jalur VBat yakni jalur tegangan dari batere menuju ke IC, serja jalur Gnd yang merupakan jalur ground.

0 komentar:

Posting Komentar