Rabu, 13 Juli 2011

perbaikan sony ericsson w705

perbaikan sony ericsson w705

Untuk menjadi seorang yang ahli,  calon teknisi harus banyak terjun langsung memperbaiki ponsel yang rusak. Namun tentu saja dalam prosesnya sebagai orang yang baru dalam bidang ini, para siswa harus dibimbing oleh pengajar yang berpengalaman.  Seperti di VTIGA  pada sesi pelajaran studi kasus, para siswa membawa ponsel rusak untuk diperbaiki bersama-sama dengan pengajar. Saat ada kesulitan, pengajar akan membantu menyelesaikan sampai tuntas.
Suatu kali pada sesi pelajaran studi kasus, seorang murid membawa ponsel Sony Ericsson  W705 yang layarnya blank , tidak bisa menampilkan gambar.  “Sudah  saya coba diisi ulang programnya namun tetap sama. Saya bingung pak, ada yang bilang rusak software, ada juga yang berpendapat hardware-nya, yang benar yang mana ya?” Tanya si murid. Segera saya jawab pertanyaan si murid dan kasus tersebut dikerjakan bersama-sama sampai selesai.
Pada kesempatan kali ini, VTIGA hendak membahas cara perbaikan kerusakan LCD blank  pada Sony Ericsson W705.
Untuk  menyelesaikan kasus si murid tadi, sebagai seorang teknisi, kita harus bisa menganalisa dan memastikan dengan tepat dimana letak kerusakan ponsel tersebut. Jelas  antara  kerusakan software dan hardware sangat berbeda penyelesaiannya. Untuk memastikannya ada beberapa cara, namun yang paling mudah adalah dengan melihat pemakaian arus listrik ponsel tersebut. Pada saat kerusakan software, handphone pada umumnya menjadi ‘hang’ dan pemakaian listriknya pun cenderung tetap.
Jadi pada saat dipantau menggunakan power supply, jarum ampere akan naik lalu diam. Berbeda dengan kerusakan pada modul rangkaian LCD, pemakaian arus sangat dinamis,  jarum ampere pun akan bergerak-gerak sesuai dengan pemakian listriknya.
Kembali pada kasus kerusakan ponsel si murid tadi, arus listrik yang masuk berubah-ubah sesuai dengan pemakaian, berarti letak kerusakan ada di bagian modul rangkaian LCD.  Berhubung pada modul ini terdapat sebuah kabel fleksibel yang menghubungkan board atas dengan board bawah, fleksibel  tersebut juga harus turut diperiksa. Saat diperhatikan ternyata kabel fleksibel sudah rusak. Setelah diganti ponsel kembali normal.
Berikut ini penjelasan tentang cara mengganti kabel fleksibel Sony Ericsson W705:
Pertama buka batere beserta penutup batere
Ada empat baut yang mesti dibuka
Copot   dengan menggunakan obeng T6
Lepas casing belakang
Foto casing yang sudah terlepas
Pisahkan  board
Hati hati terdapat fleksibel diantara board tersebut
Posisi fleksibel
Tugas berikut adalah melepas fleksibel.
Buka dua baut yang ada di belakang LCD
Di balik stiker terdapat dua baut lagi
Buka baut
Gunakan kuku untuk memisahkan casing depan
Penutup LCD sudah terlepas
Giliran melepas keypad bagian depan
Ada dua fleksibel dibalik keypad
Foto keypad yang sudah terlepas
LCD yang tipis perlu diangkat dulu dengan menggunakan silet
LCD yang sudah terpisah
Proses pencopotan fleksibel berlangsung
Foto fleksibel yang rusak
Ditulis oleh:
  • Tayung, ST
  • Ridwan , ST
  • Staff Pengajar V-Tiga
  • Pusat Pelatihan Teknisi Ponsel

1 komentar:

Posting Komentar